Pengembangan LKPD Terintegrasi Steam-PjBl Pada Materi Sel Volta Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA/MA

Authors

  • Fitri Yani Universitas Negeri Padang
  • Hardeli Universitas Negeri Padang
  • Melindra Mulia Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpkim.v8i2.18

Keywords:

Pengembangan, Steam-PjBL, LKPD sel Volta

Abstract

Pembelajaran dengan model pendekatan STEAM, yang diintegrasikan dengan model pembelajaran PjBL, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model 4-D, yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model 4-D terdiri dari empat tahapan.Penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan dengan uji validitas dan praktikalitas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penyebaran angket dan analisis data hasil penelitian validitas menggunakan Aiken’s V. Berdasarkan hasil analisis angket validitas LKPD diperoleh nilai V yaitu 0.89 dengan kategori sangat tinggi dan hasil praktikalitas dari respon guru dan peserta didik berturut-turut yaitu 84.8% kategori sangat tinggi dan 82.3% kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa, LKPD Sel Volta terintegrasi STEAM-PjBL yang dihasilkan telah valid dan praktis, sehingga dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriyawati., Erry, U., Yuli, R., & Alin, M. (2020). STEAM-Project-Based Learning Integration to Improve Elementary School Students' Scientific Literasi on Alternative Energy Learning. Universal Journal of Education, 8(5): 1863-1873. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080523

Aisyi, F.K., Elvyanti, S., Gunawan, T., & Mulyana,E. (2013). Pengembangan Bahan Ajar TIK SMP Mengacu pada Pembelajaran Berbasis Proyek. Invotec.Vol.IX. (2): 117-128.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Usaha Rosdakarya

Astuty,Sry.,dkk. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2): 90-114. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Haryonik,Y., Bhakti,Y.B. (2018). Pengembangan bahan ajar lembar siswa dengan pendekatan matematika realistik. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1): 40-55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5

Lailatussadah. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1): 15-25.

Mahendra, I Wayan E. (2016). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, ISSN:2541-7207. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pertiwi, R.S.,dkk. (2017). Efektifitas LKS STEM Untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 1-10.

Ramli.R., dkk. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Fisika Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan, 4(1): 10-17.

https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/405

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrument Penelitian. Parama Publishing.

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika.Jurnal Kreano. 59—7.

Sakti, B. P. (2020). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan di Era Globalisasi. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1): 74-83. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.632

Sayekti, A. M., & Suparman. (2019). Deskripsi LKPD Berbasis PjBL dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis. Prosiding Sendika, 5(1): 601-609.

Shabila, R. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Scrodinger, 1(2): 95-100. https://doi.org/10.30998/sch.v1i2.3081

Sugiono, Noerdjanah & wahyu.A., (2020). Uji Validitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 1-61.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitaf dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suryaningsih, S., Muliharto & Fakhira, A. N., (2021). Integrasi Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (STEAM) Project : Inovasi Pembelajaran Kimia terhadap Minat dan Motivasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional, FTIK UIN Jakarta, 222-236.

Susanti, D., Fitriani, V & Sari, L. Y., (2019). Praktikalitas Modul Media Pembelajaran Biologi Berbasis Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pelita Pendidikan, 7(4): 139-143. https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.15611

Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Yance, R. D., Ramli, E., & Mufit, F., (2013). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education, 1, 48-54.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75-82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Downloads

Published

26-07-2023

How to Cite

Yani, F., Hardeli, & Melindra Mulia. (2023). Pengembangan LKPD Terintegrasi Steam-PjBl Pada Materi Sel Volta Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 8(2), 83–94. https://doi.org/10.36709/jpkim.v8i2.18