Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Larutan Penyangga
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i1.48Keywords:
Learning Outcomes, Project Based Learning, Buffer SolutionAbstract
This study aims to examine the effect of the Project Based Learning model used in learning buffer solution material and determine student responses to the Project Based Learning model that has been applied. Type of research: experimental. Research design: pretest posttest control group design. Research instruments: learning outcomes test (pretest postest) and student response questionnaire. Research subjects: students of grade XI MIPA 1 and XI MIPA 2. Data analysis techniques: quantitative data analysis, descriptive and inferential. The results of the study: there were differences in cognitive learning outcomes in the experimental class and the control class. This is due to the difference in learning models used, while the experimental class uses a project-based learning model which makes students more active and learning outcomes increase compared to the control class that uses a problem-based learning model.
Downloads
References
Addiin, I., Tri, R., dan Sri, R.D.A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Pokok Larutan Asam dan Basa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(4).
DOI: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/42276
Agam, C.,F., Epinur dan Syamsurizal. (2022). Korelasi Model Project Based Learning dengan Kreativitas Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Journal of Chemical Education. 11(2). DOI: https://doi.org/10.26740/ujced.v11n2.p121-129
Anggriani, F., Nanik, W., Eko, B. S., dan Kharomah. (2019). Pengaruh Project Based Learning Produk Kimia terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13(2).
DOI:https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/18548
Azmiati, N. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di SMAN 1 Simpang Kanan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Ar-Raniry: Banda Aceh. DOI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9142
Dewi, D. A. K. D. S., Dewa K. S., dan Ni, M. W. (2019). Analisis Pengelolaan Alat dan Bahan Praktikum pada Laboratorium Kimia di SMA Negeri 1 Tampaksiring. Jurnal Pendidikan Kimia Undeksha. 3(1). DOI: https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i1.21162
Harnila. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Unggul Seulimum Aceh Besar pada Materi Minyak Bumi. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Ar-Raniry: Banda Aceh.
Hidayati, N. (2012). Penerapan Metode Praktikum dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Batang. Skripsi. Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo: Semarang. DOI: https://smartlibrary.elayanan.info/ebook-file/ebook/df58b8bb-468b-491d-8833-b4b286b5c038.pdf
Khasanah, A., N. (2020). Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Menggunakan Pendekatan CEP Materi Larutan Penyangga dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi: Jambi. DOI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13523
Lapedu, J., Jahidin, J., dan Fahyuddin, F. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri Di Kota Kendari. Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 3(2). DOI:http://dx.doi.org/10.33772/biofiskim.v3i2.13940
Mayuni, K. R., Rati, N. W., dan Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 2(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19186
Nurcahyati, R. I., Indrawati dan Wicaksono, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika. 5(2). DOI: https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i02.9952
Nurpila, N., Rudi, L., dan Musta, R. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Mata Pelajaran Kimia Kelas XI Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 SMA Negeri 2 Tomia. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 6(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpkim.v6i1.16469
Prabowo, C.T. (2015). Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Las Lanjut Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Muhamadiyah Prambanan. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. 3(3): DOI:https://journal.student.uny.ac.id/index.php/mesin/article/view/3274
Rachman, F., Nurgiansyah, T. H. dan Maryatun K. (2021) Profiliasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(5): DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1052
Rahman, D., Adlim dan Mustanir. (2015). Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia pada SLTA Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 3(2). DOI: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Sitaresmi, K.S., Sulistyo, S., dan Suryadi, B.U. (2017). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Perodik Unsur (SPU) Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia. 6(1). DOI: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/9405
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.