Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media ChemOnDro untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Sistem Koloid
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i1.51Keywords:
Learning Outcomes, ChemOnDro, Project Based Learning, Colloidal SystemAbstract
This study aims to determine student’ responses and compare student’s learning outcomes using ChemOnDro media with a project based learning model and students with a direct learning model on colloidal system material. The population of study is all 11th grade class students and the sample selection taken by random sampling technique. This study applied a quasi experimental design. The research instrument consists of questionnaires filled out by students and written tests consisting of pre-test and post-test. The results of data analysis of pretest scores obtained an average value of 13.625 and an average postest value of 82.31, these values have reached KKM. The response of students in the category was very good, with the average percentage of 86.65%. Based on the t test, we get the sig value. (2-tailed) 0.00 ˂ 0.05 so it can be concluded that there is a significant difference between the control class and the experimental class.
Downloads
References
Andika, M.F., Rachman, A., dan Anom, K.W.(2017). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Sistem Koloid Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(1). https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/download/8195/4278
Cindy, Aceng, H., dan Ratna. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Materi Asam Dan Basa Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo. 6(3).
https://ojs.uho.ac.id/index.php/jpkim/article/download/21473/pdf
Desimah, Rafiudin, dan Arniah, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Kimia Siswa Kelas XI Pada Materi Pokok Koloid. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo. 4(3). http://dx.doi.org/10.36709/jpkim.v4i3.11716.
Desyanti, A., Dahlan, dan Yuniati, T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI Pokok Bahasan Sistem Koloid. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo. 7(3). http://dx.doi.org/10.36709/jpkim.v7i3.24621.
Devi, A.M., Aceng, H., dan Yuniati, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo. 8(1). https://ojs.uho.ac.id/index.php/jpkim/article/view/16238
Fatnah, N., Azizah, D., dan Cahyani, M.D. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek melalui Kegiatan Fun Chemistry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di SMK. Jurnal Zahra. 9(1). https://doi.org/10.31629/zarah.v9i1.2461
Hermawan, S. 2016. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Malang: Media Nusa Kreatif.
Hidayat, A.M.R., Auliah,A., dan Anwar, M. 2021. Pengaruh Media Mobile Learning Berbasis Android “ChemOndro” pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Bone (StudipPada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit). JurnalChemEdu. 2(2).
https://ojs.unm.ac.id/ChemEdu/article/view/22397/12166
Isma, R.L., Solihah, M., Sugiyarto, K.H., dan Iksan, J. (2015). Pengembangan Media Mobile Learning “Chemondro” Berbasis Android Sebagai Suplemen Belajar Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS).
https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/8313/0
Kiki, D.R., Muhammad, A.M., dan Nasrudin. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Kimia melalui Pembiasaan Literasi dan Strategi Think Pair Share (TPS) pada Materi Sistem Koloid di Kelas XI MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo. 8(1). https://jpkim.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/11/1
Manginsi, R.S.J., Rafiuddin, dan Abraham. (2019). Profil Penguasaan Literasi Sains dan Persepsi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Pokok Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo. 4(3). https://ojs.uho.ac.id/index.php/jpkim/article/view/11743/pdf
Pradana, F.A.P., & Mawardi. 2021. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar. 5 (1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/1090
Santi, Leny, & Suharto, B. 2019. Model Project Based Learning Berbantuan Media “ChemOnDro”, motivasi dan hasil belajar. Jurnal Vidya Karya. 34(2), 122-131. http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i2.7384
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Supiana, Saefuddin, dan Maysara. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Halu Oleo. 4(1). https://ojs.uho.ac.id/index.php/jpkim/article/view/8843
Yektyastuti, R., Solihah, M., dan Prasetyo, Y.D. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Kimia “Chemondro” Pada Materi Kelarutan Dan Pengaruhnya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS).
https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/7965/5806
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.