Kontribusi Bahan Ajar Suplemen terhadap Proses Pembelajaran Argument Drivent Inquiry dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Argumentasi

Authors

  • Tanzilia Anindhita Universitas Negeri Surabaya
  • Suyono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.100

Keywords:

bahan ajar suplemen, argument driven inquiry, keterampilan argumentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi Bahan Ajar Suplemen (BAS) yang digunakan sebagai bahan ajar tambahan pada kelas eksperimen dalam meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental yaitu menggunakan rancangan Pretest and Posttest with Non-Equivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang sedang menempuh materi larutan penyangga dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang di setiap kelas. Teknik pengumpulan data digunakan instrumen berupa lembar tes keterampilan argumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan telah mendapatkan skor 3 dengan kategori valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi BAS pada kelas eksperimen mendapatkan hasil peningkatan keterampilan argumentasi secara signifikan dengan nilai P-Value 0,007 < 0,05. Artinya, peningkatan keterampilan argumentasi peserta didik pada kelas eksperimen rata-rata lebih besar dari 80, didukung dengan angket respon positif  > 81% dengan kategori sangat baik. Penelitian yang telah dilakukan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang bertujuan melatihkan keterampilan argumentasi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, dkk. (2021). Peran Literasi Digital untuk Mencegah Penyebaran Hoaks bagi Masyarakat Indonesia. Journal of Education and Technology (JET). 1(2), 113-118. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/article/view/68

Arfiany, N., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Peningkatan Keterampilan Argumentasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 24–35. doi: https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.31575

Arif, Moh. H., & Rukmi, AS. (2020). Pengembangan Buku Suplemen untuk Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD. 8(5), 1033-1043. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/36680

Azizah, Medina. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pola Komunikasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Jurnal Sosiologi Nusantara. 6(1), 45-54. doi: http://dx.doi.org/10.33369/jsn.6.1.45-54

Badaring, DRB., Muhiddin, & Hamzah, A. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning Kelas X.3 di SMAN 7 Pinrang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 699-705. doi: https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.945

Demircioglu, T., & Ucar, S. (2015). Investigating the Effect of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Educational Sciences : Theory and Practice, 15(1), 267–283. doi: https://doi.org/10.12738/estp.2015.1.2324

Devi, NDC, Susanti, E., & Indriyanti, NY. (2018). Analysis of High School Student’s Argumentation Ability in the Topic of Buffer Solution. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3(3), 152-159. doi: http://doi.org/10.20961/jkpk.v3i3.23308

Faize, FA, Husain, W., & Nisar, F. (2018). A Critical Review of Scientific Argumentation in Science Education. Eurasia Journal of Mathematics. Science and Technology Education, 14(1), 475–483. doi: https://doi.org/10.12973/ejmste/80353

Grooms, J., Enderle, P., & Sampson, V. (2015). Coordinating Scientific Argumentation and the Next Generation Science Standards through Argument Driven Inquiry. Science Educator, 24(1), 45-50. https://www.researchgate.net/publication/315815983

Sanjiwani, NLI., Muderawan, IW., & Sudiana, IK. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. 2(2), 75-84. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jjpk.v2i2.21170

Kurniasari, IS, & Setyarsih, W. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 6(3), 171-174. doi: https://doi.org/10.26740/ipf.v6n3.p%25p

Munzaimah, M dan Lubis, Fatma Wardy. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial dan Penyebaran Hoax di Kota Medan. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Comunication Study, 6(1), 11-22. doi: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v6i1.2937

Noviyana, DK., & Suyono. (2024). Validity of Suplementery Teaching Materials on Buffer Solution to Train Argumentation Skills. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 10(1), 67-85. doi: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v10i1.433

Owon, S., & Adi, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 528–541. doi: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Indonesia: Kencana.

Probosari, RM., Ramli, M., Harlita., Indrowati, M., & Sajidan. (2016). Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi Fkip UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Bioedukasi, 9(1), 29-33. doi: http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v9i1.3880

Putri, I. H. N., Sholihah, U., Handayani, E. M., & Sumarmi, S. (2018). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Digital pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Topik Bahasan Sumber Daya Laut Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 78–84. doi: https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p078

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sahrul, Mirawati, B., Majid, A., & Fajri, S. (2022). Korelasi Keterlaksanaan Pembelajaran Biologi Dengan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Reflection Journal. 2(1), 7-16. doi: https://doi.org/10.36312/rj.v2i1.588

Sihombing, PR., & Arsani, AM. (2022). Aplikasi Minitab untuk Pemula. Depok: Gemala

Siregar, N., & Pakpahan, RA. (2020). Kemampuan Argumentasi IPA Siswa melalui Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Lentera Sains: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 94-103. doi: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.113

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methode). Bandung: Alfabeta, CV.

Wulandari, Widiyaningrum, P., & Setiati, N. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovate Science Education, 6(2), 155-161. doi: https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.19713

Downloads

Published

31-08-2024

How to Cite

Anindhita, T., & Suyono. (2024). Kontribusi Bahan Ajar Suplemen terhadap Proses Pembelajaran Argument Drivent Inquiry dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Argumentasi. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 9(2), 207–219. https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.100