Kontribusi Bahan Ajar Suplemen terhadap Proses Pembelajaran Argument Drivent Inquiry dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Argumentasi
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.100Keywords:
bahan ajar suplemen, argument driven inquiry, keterampilan argumentasiAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi Bahan Ajar Suplemen (BAS) yang digunakan sebagai bahan ajar tambahan pada kelas eksperimen dalam meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental yaitu menggunakan rancangan Pretest and Posttest with Non-Equivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang sedang menempuh materi larutan penyangga dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang di setiap kelas. Teknik pengumpulan data digunakan instrumen berupa lembar tes keterampilan argumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan telah mendapatkan skor 3 dengan kategori valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi BAS pada kelas eksperimen mendapatkan hasil peningkatan keterampilan argumentasi secara signifikan dengan nilai P-Value 0,007 < 0,05. Artinya, peningkatan keterampilan argumentasi peserta didik pada kelas eksperimen rata-rata lebih besar dari 80, didukung dengan angket respon positif > 81% dengan kategori sangat baik. Penelitian yang telah dilakukan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang bertujuan melatihkan keterampilan argumentasi peserta didik.
Downloads
References
Annisa, dkk. (2021). Peran Literasi Digital untuk Mencegah Penyebaran Hoaks bagi Masyarakat Indonesia. Journal of Education and Technology (JET). 1(2), 113-118. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/article/view/68
Arfiany, N., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Peningkatan Keterampilan Argumentasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 24–35. doi: https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.31575
Arif, Moh. H., & Rukmi, AS. (2020). Pengembangan Buku Suplemen untuk Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD. 8(5), 1033-1043. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/36680
Azizah, Medina. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pola Komunikasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Jurnal Sosiologi Nusantara. 6(1), 45-54. doi: http://dx.doi.org/10.33369/jsn.6.1.45-54
Badaring, DRB., Muhiddin, & Hamzah, A. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning Kelas X.3 di SMAN 7 Pinrang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 699-705. doi: https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.945
Demircioglu, T., & Ucar, S. (2015). Investigating the Effect of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Educational Sciences : Theory and Practice, 15(1), 267–283. doi: https://doi.org/10.12738/estp.2015.1.2324
Devi, NDC, Susanti, E., & Indriyanti, NY. (2018). Analysis of High School Student’s Argumentation Ability in the Topic of Buffer Solution. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3(3), 152-159. doi: http://doi.org/10.20961/jkpk.v3i3.23308
Faize, FA, Husain, W., & Nisar, F. (2018). A Critical Review of Scientific Argumentation in Science Education. Eurasia Journal of Mathematics. Science and Technology Education, 14(1), 475–483. doi: https://doi.org/10.12973/ejmste/80353
Grooms, J., Enderle, P., & Sampson, V. (2015). Coordinating Scientific Argumentation and the Next Generation Science Standards through Argument Driven Inquiry. Science Educator, 24(1), 45-50. https://www.researchgate.net/publication/315815983
Sanjiwani, NLI., Muderawan, IW., & Sudiana, IK. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. 2(2), 75-84. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jjpk.v2i2.21170
Kurniasari, IS, & Setyarsih, W. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 6(3), 171-174. doi: https://doi.org/10.26740/ipf.v6n3.p%25p
Munzaimah, M dan Lubis, Fatma Wardy. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial dan Penyebaran Hoax di Kota Medan. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Comunication Study, 6(1), 11-22. doi: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v6i1.2937
Noviyana, DK., & Suyono. (2024). Validity of Suplementery Teaching Materials on Buffer Solution to Train Argumentation Skills. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 10(1), 67-85. doi: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v10i1.433
Owon, S., & Adi, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 528–541. doi: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Indonesia: Kencana.
Probosari, RM., Ramli, M., Harlita., Indrowati, M., & Sajidan. (2016). Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi Fkip UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Bioedukasi, 9(1), 29-33. doi: http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v9i1.3880
Putri, I. H. N., Sholihah, U., Handayani, E. M., & Sumarmi, S. (2018). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Digital pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Topik Bahasan Sumber Daya Laut Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 78–84. doi: https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p078
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sahrul, Mirawati, B., Majid, A., & Fajri, S. (2022). Korelasi Keterlaksanaan Pembelajaran Biologi Dengan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Reflection Journal. 2(1), 7-16. doi: https://doi.org/10.36312/rj.v2i1.588
Sihombing, PR., & Arsani, AM. (2022). Aplikasi Minitab untuk Pemula. Depok: Gemala
Siregar, N., & Pakpahan, RA. (2020). Kemampuan Argumentasi IPA Siswa melalui Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Lentera Sains: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 94-103. doi: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.113
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methode). Bandung: Alfabeta, CV.
Wulandari, Widiyaningrum, P., & Setiati, N. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovate Science Education, 6(2), 155-161. doi: https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.19713
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.