Pengaruh Gaya Belajar dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Kimia

Authors

  • Winni Shafirah Universitas Halu Oleo
  • Aceng Haetami Universitas Halu Oleo
  • Abraham Rahman Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.58

Keywords:

Gaya Belajar, Pola Asuh Orang Tua, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar kimia, pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar kimia dan pengaruh gaya belajar dan pola asuh orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen penelitian berupa angket. Sampel penelitian; peserta didik kelas XI MIPA 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa (sig 0,564>0,05). Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar kimia siswa (sig 0,061>0,05). Dan terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara gaya belajar dan pola asuh orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kimia sebesar (sig 0,167>0,05), dengan angka koefisien determinasi (R2) diketahui sebesar 13,9% terhadap prestasi belajar kimia. Hal ini berarti ada faktor-faktor lain yang lebih dominan dibandingkan dengan faktor gaya belajar dan pola asuh orang tua yang berpengaruh terhadap prestasi belajar kimia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632-1638.

Junaidi, M. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Anak terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(1), 61-82.

Nasir, A. H. K., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 365-373.

Nehem, T. J., Sumual, H. M., & Mansjur, Z. (2020). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKR di SMK Negeri I Tomohon: Penelitian Tentang Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMKN. 1 Tomohon. GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(1), 1-17.

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0. Deepublish.

Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53-60.

Saputri, F. I. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Bejajar Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 3(01), 25-36.

Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMAN 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. PEKA, 6(1), 1-10.

Van Harling, V. N. (2020). Analisis Hubungan Kedisiplinan Belajar Dari Rumah (BDR) dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Selama Masa Pandemi. Soscied, 3(2), 80-85.

Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, S., & Helmawati, H. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1-6.

Downloads

Published

31-08-2024

How to Cite

Shafirah, W., Haetami, A., & Rahman, A. (2024). Pengaruh Gaya Belajar dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Kimia . Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 9(2), 119–126. https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.58