Pengaruh Gaya Belajar dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Kimia
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.58Keywords:
Gaya Belajar, Pola Asuh Orang Tua, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar kimia, pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar kimia dan pengaruh gaya belajar dan pola asuh orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen penelitian berupa angket. Sampel penelitian; peserta didik kelas XI MIPA 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa (sig 0,564>0,05). Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar kimia siswa (sig 0,061>0,05). Dan terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara gaya belajar dan pola asuh orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kimia sebesar (sig 0,167>0,05), dengan angka koefisien determinasi (R2) diketahui sebesar 13,9% terhadap prestasi belajar kimia. Hal ini berarti ada faktor-faktor lain yang lebih dominan dibandingkan dengan faktor gaya belajar dan pola asuh orang tua yang berpengaruh terhadap prestasi belajar kimia
Downloads
References
Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632-1638.
Junaidi, M. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Anak terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(1), 61-82.
Nasir, A. H. K., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 365-373.
Nehem, T. J., Sumual, H. M., & Mansjur, Z. (2020). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKR di SMK Negeri I Tomohon: Penelitian Tentang Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMKN. 1 Tomohon. GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(1), 1-17.
Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0. Deepublish.
Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53-60.
Saputri, F. I. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Bejajar Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 3(01), 25-36.
Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMAN 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. PEKA, 6(1), 1-10.
Van Harling, V. N. (2020). Analisis Hubungan Kedisiplinan Belajar Dari Rumah (BDR) dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Selama Masa Pandemi. Soscied, 3(2), 80-85.
Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, S., & Helmawati, H. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1-6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.