Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpendekatan STEM dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.73Keywords:
Inkuiri Terbimbing, STEM, Penguasaan Konsep, Kemandirian Belajar, Larutan PenyanggaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berpendekatan STEM dalam meningkatan penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subyek 88 siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Telaga Biru. Hasil analisis penguasaan konsep diperoleh nilai rata-rata pretest pada masing-masing kelas XI IPA yaitu sebesar 18,04, 18,07 dan 18,04 sedangkan hasil posttest yaitu sebesar 72,03, 73,32 dan 62,75.Hasil analisis kemandirian belajar diperoleh nilai rata-rata pretest pada masing-masing kelas XI IPA yaitu sebesar 52,25, 47,94 dan 56,63 sedangkan hasil posttest yaitu sebesar 79,71, 74,20 dan 79,75. Hipotesis diuji menggunakan uji (t-Test: Paired Two Sample for Means). Dari data anilisis menunjukkan: 1) Diperoleh P (T<=t) two-tail sebesar 0,000 pada taraf signifikan 0,05; 2) Diperoleh P(T<=t) two-tail sebesar 0,000 pada taraf signifikan 0,05 artinya model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep kemandirian belajar.
Downloads
References
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Akbar, M., Nizaar, M., Fujiaturrahman, S., Haifaturrahmah, & Sari, N. (2022). Keefektifan Media Audio Visual Berbasis Etnosains Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. 2(2020), 17–23.
Fitriansyah, R., Werdhiana, I. K., & Saehana, S. (2021). Pengaruh Pendekatan STEM dalam Model Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Kerja Ilmiah Materi IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 225. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.3598
Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26–41. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165
Halek, E. F., Oetpah, V., & Seran, Y. (2016). Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1, 2047–2049.
Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). STEM-Based Virtual Lab Effectiveness in Improving the Scientific Literacy of Students with Gender Differences. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 190–201. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/8570/9023
Laia, Y., Sarumaha, M. S., & Laia, B. (2022). Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Susua Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 1–12. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.367
Munandar, H., Izzani, L. M., & Yulian, M. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM) pada Konsep Asam Basa di SMAN 1 Baitussalam. Lantanida Journal, 7(2), 112. https://doi.org/10.22373/lj.v7i2.5421
Ningkaula, T. A., Laliyo, L. A. R., Iyabu, H., & Abdullah, R. (2021). Dampak Model Discovery Learning Berpendekatan STEM Terhadap Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 76. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.28871
Paramita, A. K., Yahmin, Y., & Dasna, I. W. (2021). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) untuk Pemahaman Konsep dan Keterampilan Argumentasi Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(11), 1652. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14189
Qurniati, D., Andayani, Y., & -, M. (2015). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i2.20
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388
Sari, R. P., & Setiawaty, S. (2018). Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuri Berbasis Pendekatan Saintifik: Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh. Lhokseumawe.
Siti Aisah, D. K. dan F. (2018). Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas X SMA Negeri 3 Sintang. 6(2), 76–86.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Syaribuddin, Khaldun, I., & Musri. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Audio Visual pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 96–105. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Yulianci, S., Nurjumiati, N., Asriyadin, A., & Adiansha, A. A. (2021). The Effect of Interactive Multimedia and Learning Styles on Students’ Physics Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 87. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.529
Yuniati, M., A.R, A. R. L., & Fatmawati Nur Hasanah. (2023). Dampak Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan STEM terhadap Motivasi dan Prestasi Siswa. Prosiding Santika 3: Seminar Nasional Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 589–598. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1323%0Ahttps://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/download/1323/693
Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020). Hybrid-PjBL: Creative Thinking Skills And Self-Regulated Learning of Preservice Teachers. J. Phys.: Conf. Ser. 1521 032072. doi:10.1088/1742- 6596/1521/3/032072.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.