Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Macromedia Flash terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi

Authors

  • Astri Ningsih Universitas Negeri Medan
  • Ahmad Nasir Pulungan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.82

Keywords:

Problem Based Learning , Macromedia Flash, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Laju Reaksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Macromedia Flash terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Laju Reaksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA MAS Al-Asy’ariyah Medan Krio yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang diperoleh menggunakan teknik random sampling.  Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrument tes dan non-tes. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t pihak kanan. Hasil perhitungan data aktivitas belajar diperoleh thitung 2,36 > ttabel 1,70, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti Aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan media Macromedia Flash lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan media PPT. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung 4,43 > ttabel 1,70, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan media Macromedia Flash lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan media PPT, dan berdasarkan uji korelasi didapatkan ada korelasi yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Macromedia Flash pada materi Laju Reaksi dengan kontribusi aktivitas belajar sebesar 64%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ahmad Nasir Pulungan, Universitas Negeri Medan

Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam 

References

Basit, D. A., Muslim, B., & Saridewi, N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnosains terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 5(1), 75-90.

Fhonna, S. N., Gani, A., & Nasir, M. (2021). Dampak Media Video berbasis PowerPoint pada Pembelajaran Materi Larutan Asam-Basa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 51-59.

Marpaung, A. M., Ritonga, R. S., Pane, O. A., Melsya, L., & Ikhwan, A. (2023). Pemrograman Multimedia Menggunakan Macromedia Flash. Jurnal Sains dan Teknologi (JSIT), 3(1), 36-39.

Muchtadi, Hartono, dan Oktaviana, D., (2017), Hubungan Aktivitas dan Respon terhadap Hasil Belajar Program Linear Melalui Penerapan Pembelajaran Genius Learning pada Program Studi Pendidikan Matematika, Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(1) : 45-55.

Muliaman, A. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Berorientasi eXe Learning dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 51-57.

Nainggolan, B., & PW, D. Nugroho. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Asam Basa. In Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2:1, 147-152.

Nainggolan, B., & Mutiah, R. (2020). Pengajaran Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Macromedia Flash Hasil Pengembangan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education), 2(2), 71-80.

Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1).

Priliyanti, A., Muderawan, I.W., dan Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Udiksha, 5 (1), 11-18.

Romadhoni, I., Mahardika, I. K., & Harijanto, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika SMA di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 329-336.

Saragih, R., dan Sitompul, D.N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran (JPPP), 2(1), 11-19.

Saragih, L., & Dalimunthe, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Powerpoint terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI SMA. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 353-361.

Sari, I. R., & Tewa, Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 8(1), 14-23.

Siregar, W. D., & Simatupang, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education), 2(2), 91-96.

Utary, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di MA Aisyiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Downloads

Published

31-08-2024

How to Cite

Astri Ningsih, & Pulungan, A. N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Macromedia Flash terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 9(2), 108–118. https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.82