Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif iSpring Presenter terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi

Authors

  • Sarah Risboru Artauly Sitinjak Universitas Negeri Medan
  • Rudi Munzirwan Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.86

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, iSpring Presenter , Laju Reaksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan media yang iSpring presenter dan Powerpoint serta melihat interaksi antara media dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan sampel yang digunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen I di kelas XI IPA 4 dan kelas eksperimen II di kelas XI IPA 3 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t tidak berpasangan (independent t-test). Untuk hasil belajar dengan  media iSpring presenter dan PowerPoint harga  thitung = 3,845 < ttabel = 1,668 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Pada motivasi belajar siswa diperoleh harga thitung = 4,94 dan ttabel = 1,668 dengan kriteria thitung > ttabel,Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya untuk korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media interaktif ispring presenter dengan kriteria apabila rhitung > rtabel (α = 0,05) dan db = (n-2) diperoleh rhitung = 0,484 > rtabel = 0,334 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak sehingga ada korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media iSpring Presenter pada materi laju reaksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief , H ., Mulyana, E. A., Nurjanah, E., & Risnandah, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Matematika melalui Pembelajaran Tutorial Berbasis iSpring. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1658

Aritonang, H. W., & Moondra Zubir. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model PBL dan Pembelajaran Konvensional Berbantuan Media iSpring pada Materi Laju Reaksi, Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 346-352. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/article/view/107

Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Firdha, N., & Zulyusri. (2022). Penggunaan iSpring dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101-106. https://ejournal.unib.ac.id/jppb/article/view/20873

Harahap, L. K., & Anggi Desviana Siregar. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Kesetimbangan Kimia, JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1910-1924. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/10794

Irwanto, I., & Nurmalatika, T. (2019). Implementasi Program Power Point iSpring dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Lurus dan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Tarongong Kidul Garut, Edu Komputika,6(2),3848.https://journal.unnes.ac.id/sju/edukom/article/view/32396

Kawete, M., dkk. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Ikatan Kimia dengan Model ADDIE Sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Oxygenius, 4(1), 63-69.https://indochembull.com/index.php/oxygenius/article/view/374

Mahmud dan Arifa. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis iSpring Presenter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada materi Ikatan Kimia. Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan” Optimalisasi Sains, Teknologi dan Pembelajaran Kimia Menuju Manusia Indonesia Seutuhnya”. http://digilib.unimed.ac.id/43160/

Rosmiati. (2022). Pembelajaran Kimia yang Menyenangkan di Madrasah, Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES), 3(1), 18—28. https://www.ejournal-uniqbu.ac.id/index.php/ujes/article/view/193

Sinaga, E. M., & Albinus Silalahi. (2020). Keberhasilan Belajar Siswa SMA Pada Materi Ajar Laju Reaksi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Weblog, Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia , 26-30. http://digilib.unimed.ac.id/38064/

Sukmadinata, N., S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia, Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127-136. https://jurnalp4i.com/index.php/teaching/article/view/444

Downloads

Published

31-08-2024

How to Cite

Sitinjak, S. R. A., & Rudi Munzirwan Siregar. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif iSpring Presenter terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 9(2), 162–174. https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.86