Pengembangan e-Modul Berbasis Project Based Learning dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker pada Materi Asam Basa

Authors

  • Indah Mutiara Dewi Universitas Negeri Medan
  • Eddiyanto Universitas Negeri Medan
  • Lenni Hamidah Siregar SMA Negeri 3 Medan

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.88

Keywords:

e-modul, Project Based Learning, asam basa, Model ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, tingkat validitas, respon peserta didik dan guru, dan hasil belajar peserta didik terhadap e-modul Berbasis Project Based Learning pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen kimia, guru, dan peserta didik. sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas yakni kelas XI MIPA 5. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis kebutuhan yaitu kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik pada pembelajaran kimia. Kemampuan peserta didik dalam menghubungkan materi yang dipelajari tentang projek dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi salah satu tuntutan dalam pembelajaran kimia. Berdasarkan validitas menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dengan kriteria “Sangat Layak” dengan rata-rata validasi skor 3,38, kemudian berdasarkan hasil pengolahan angket respon siswa dan guru, diperoleh bahwa e-modul yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 79% dan 92,64% yang termasuk kedalam kriteria “Baik” dan “Sangat Baik”. Selanjutnya, data dianalisis dengan One Sample T-Test pada program SPSS 26.0 for Windows dengan taraf signifikan 0,05 dan diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,001. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan e-modul berbasis Project Based Learning pada materi asam basa lebih besar dari 75.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah., Ramadhan, S., & Linda, R. (2020). Pengembangan e-Module Interaktif Chemistry Magazine Berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Zarah, 8(1), 7-13.

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan e-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 155-161.

Aulya, R. A., Asyhar, R., & Yusnaidar. (2021). Pengembangan e-Modul Kimia Berbasis PjBL-STEM untuk Pembelajaran Daring Siswa SMA pada Materi Larutan Penyangga. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 13(2).

Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Febrina, W., Sirlyana. (2019). Optimasi Proses Reaksi Saponifikasi Pada Pembuatan Sabun Dari Minyak Kelapa Sawit. Seminar Nasional PIMIMD-5, 144-147.

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 201-212.

Hendracipta, N. (2021). Model Model Pembelajaran SD. Bandung : Multikreasi Press.

Herawati, Sunarya, N., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (e-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.

Ilmiawan & Arif. (2018). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus pada Peserta didik Kelas X MAN 2 Kota Bima). JISIP, 2(3), 102-106.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khotim, H. N., Nurhayati, S., & Hadisaputro, S. (2015). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah pada Materi Asam Basa. Chemistry in Education, 4(2), 63-69.

Kristiani, K. D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2017, August). Pengaruh Pembelajaran STEM-PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika) (pp. 266-274).

Mualiaman, A., & Mellyzar. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Project Based Learning Pada Materi Laju Reaksi. Chemistry in Education, 9(2), 91-95.

Muhaimin, A. (2020). Penerapan Project Based Learning dengan Pendekatan STEM dalam Upaya Meningkat Kemampuan Menyusun Program CNC Pada Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Mataram. Journal of Classroom Action Research, 2(2).

Nugraha, D. A., & Binadja, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS, Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education, 2(1).

Premono, S., Wardani, A., & Hidayati, N. (2009). Kimia SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Putri, D. P.E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38-47.

Rahayu, A. S., & Sutarno, J. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Laju Reaksi dengan Model Discovery PjBL Berbasis STEM di SMAN 1 Lemahabang Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 4(1), 17-23.

Romayanti., Cici., & dkk. (2020). Pengembangan e-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(1).

Rosanna, D. L., Meliza, M., & Frisilla, S. (2022). Praktikalitas e-modul Hidrolisis Garam Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Kelas IX SMA. LAVOISIER: Chemistry Education Journal, 1(1), 1-8.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79-83.

Utami, I.S., Septiyano, R.F., & Wibowo, F.C.. (2017). Pengembangan STEM-A (Science, Technology, Engineering, Mathematic and Animation) Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al- BiRuN, 6(1), 67-73.

Vanorika, K. B., Santyadiputra, G. S., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 212-224.

Wirnayati, E., Munsarif, M., Mardani & Suwahono. (2021). Circular Model of R&D (Model R&D Pendidikan dan Sosial). Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75-82.

Downloads

Published

31-08-2024

How to Cite

Indah Mutiara Dewi, Eddiyanto, & Lenni Hamidah Siregar. (2024). Pengembangan e-Modul Berbasis Project Based Learning dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 9(2), 193–206. https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i2.88